vitaminuntukanak
Enter subtitle here

Tips Memilih Vitamin Penambah Nafsu Makan yang Aman untuk Si

Nafsu makan buah hati susah untuk diterka. Kadang, nafsu makan si kecil meningkat, sehingga Anda sebagai bapak dan ibu bergembira memperhatikan buah hati makan dengan lahap. Tetapi, kadang juga nafsu makan si kecil bisa turun tiba-tiba. Hal ini mungkin ialah hal yang normal terjadi. Lalu, pada ketika nafsu makan buah hati menurun, apa yang sepatutnya dilaksanakan? Apakah boleh si kecil diberi vitamin penambah nafsu makan?

Kenapa buah hati susah makan?

Nafsu makan si kecil menurun merupakan hal normal, asal tak berlangsung terlalu lama. Umumnya, yang menjadi penyebab utama nafsu makan buah hati menurun yaitu karena si kecil sedang sakit atau tak nikmat badan. Sakit, seperti demam, pilek, flu, sakit tenggorokan, sakit perut, diare, wasir, pusing, atau lainnya bisa membikin nafsu makan buah hati menurun.

Nafsu makan si kecil juga bisa menurun dikala buah hati sedang sedih, jengkel, atau berang. Contohnya saja ketika si kecil kurang tidur atau dikala buah hati sedang geram karena permintaannya tak dituruti, dan lainnya.

Apakah si kecil butuh konsumsi suplemen vitamin?

Tak segala buah hati membutuhkan konsumsi suplemen vitamin, seperti vitamin penambah nafsu makan. Kecil dengan nafsu makan yang bagus tak membutuhkan suplemen vitamin hal yang demikian, karena seluruh kebutuhan nutrisinya bisa ia peroleh dari konsumsi makanan yang beraneka tiap-tiap hari.

Melainkan, si kecil dengan keadaan tertentu mungkin dirasa perlu dikasih suplemen vitamin, seperti:

Buah yang tak makan teratur dan tak mendapatkan makanan dengan nutrisi berimbang

Hati yang betul-betul pemilih dalam hal makanan, sehingga ia tak mendapatkan nutrisi yang cukup dari makanan

Si dengan situasi medis kronis, seperti asma atau keadaan sulit pencernaan

Kecil yang banyak mengkonsumsi makanan cepat saji atau makanan olahan, sehingga ia kurang mendapatkan makanan segar Vitamin tumbuh kembang anak

Buah dengan pola makan vegetarian atau vegan, atau buah hati dengan diet terbatas lainnya

Hati yang kerap dan banyak minum minuman bersoda, sehingga tak cukup mendapatkan vitamin dan mineral

Apabila si kecil tak nafsu makan, sebaiknya rayu buah hati khususnya dahulu secara perlahan supaya si kecil ingin makan, tetapi jangan hingga memaksa buah hati. Buat suasana yang menyenangkan ketika makan, sehingga si kecil merasakan makanannya. Coba juga sediakan makanan yang disukai buah hati supaya ia mau makan, serta batasi konsumsi snack supaya si kecil tak kekenyangan dikala makan besar.

Seandainya cara-sistem hal yang demikian telah dijalankan melainkan nafsu makan buah hati tak meningkat, mungkin Anda bisa memberikan vitamin penambah nafsu makan untuk menstimulasi nafsu makan si kecil.

Memilih vitamin penambah nafsu makan untuk buah hati

Sebelum memilih vitamin untuk si kecil, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu apakah buah hati Anda boleh diberi suplemen vitamin, secara khusus kalau si kecil sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Berdasarkan WebMD, sebaiknya tunggu hingga buah hati berusia empat tahun ketika berkeinginan memberikan suplemen vitamin untuk si kecil, selain jikalau dokter memberi anjuran hal lain.

Beberapa hal yang mungkin perlu dipertimbangkan dikala memilih vitamin penambah nafsu makan untuk buah hati yakni:

Pilih suplemen vitamin yang cocok dengan umur dan kebutuhan si kecil.

Observasi apa saja yang terkandung dalam suplemen hal yang demikian. Sebaiknya pilih suplemen yang tak menyediakan lebih dari 100% kebutuhan vitamin dan mineral harian buah hati. Suplemen yang mengandung vitamin dan mineral dengan dosis tinggi bisa membahayakan kesehatan si kecil, terutamanya vitamin A.

Sebaiknya pilih suplemen vitamin yang bukan dalam wujud seperti permen dan yang tak mengandung gula tinggi. Dikhawatirkan, buah hati menganggap suplemen hal yang demikian sebagai permen, sehingga ia ingin mengonsumsinya lagi dan lagi. Di mana, hal ini akan menyebabkan asupan vitamin dan mineral si kecil menjadi berlebih. Ini tentu tak bagus. Sekiranya Anda memilih suplemen dalam format seperti permen, sebaiknya jauhkan dari jangkauan buah hati-si kecil dan jelaskan ke buah hati bahwa itu bukan permen.

Pilih suplemen vitamin yang telah teregistrasi dan telah lulus sertifikasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Perlu diingat, meski si kecil telah dikasih suplemen vitamin, sebaiknya tetap dorong buah hati untuk mengkonsumsi makanan dengan nutrisi sepadan. Bagaimanapun, kebaikan vitamin dan mineral alami yang terdapat dalam sayur dan buah tak bisa tergantikan

.Referensi
Vitamin
https://id.wikipedia.org/wiki/Vitamin